Formasi CPNS 2018 Serta Jumlah Kuota di Setiap Daerah

                                                            Sumber Image:Search Google

Salah satu hal yang ditunggu-tunggu mengenai pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2018 adalah formasi jabatan dan kuota pada masing-masing daerah. Formasi lengkap seleksi penerimaan CPNS 2018 ini kabarnya akan segera diumumkan, namun perlu menunggu beberapa saat. Hal ini dilakukan karena penentuan jumlah kuota dari setiap formasi haruslah disesuaikan dengan anggaran daerah yang mengadakan seleksi ini.

Kabar mengenai formasi penerimaan CPNS sebelum ini mengatakan bahwa CPNS merupakan pelamar umum. Namun, sepertinya akan ada perubahan. Lalu bagaimana sebenarnya mengenai formasi CPNS tahun 2018 ini?Mari kira simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Informasi Mengenai Formasi Dan Kuota CPNS 2018

Rupanya dalam penentuan formasi dan jumlah kuota yang dibutuhkan oleh setiap daerah ini dipengaruhi oleh sebuah kebijakan yang bernama kebijakan moratorium.Kebijakan yang mengatur mengenai formasi CPNS 2018 ini berisi tentang prosedur yang membatasi jumlah penerimaan pegawai daerah, yang mana harus disesuaikan dengan anggaran perekrutan yang ada. Sehingga ke depannya, jumlah pegawai yang ada di daerah akan lebih efektif dan efisien, serta tidak terlalu membuang anggaran daerah.

Pengaturan mengenai jumlah kuota dalam perekrutan pegawai di setiap daerah ini bukanlah suatu hal yang negatif. Justru dengan adanya kebijakan moratorium ini akan memberikan dampak yang positif bagi para pegawai yang masih berstatus honorer. Dan dalam kesempatan penerimaan CPNS tahun 2018 ini, peluang bagi tenaga honorer terutama untuk honorer K2 akan dibuka cukup besar. Sedangkan pegawai yang berstatus honorer ini diperkirakan masih ada sebanyak 80 ribu orang pada tahun 2017 lalu.

Dampak positif lainnya yang dapat dirasakan dengan adanya kebijakan moratorium ini adalah peluang yang juga besar bagi lulusan guru dan juga lulusan kesehatan. Formasi untuk kedua lulusan tersebut akan dibuka secara normal, sehingga kesempatan yang diperoleh untuk bisa diterima menjadi CPNS 2018 juga cukup besar.

Di sisi lain, dari pihak Panselnas sendiri memiliki rencana bahwa jangka waktu sejak berakhirnya seleksi CPNS 2017 sampai dengan bulan April 2018 ini sendiri merupakan kesempatan bagi setiap daerah untuk mengajukan jumlah kuota formasi CPNS 2018. Berdasarkan usulan tersebut, maka panitia akan menentukan jumlah kuota yang memang benar-benar dibutuhkan di setiap daerah.
Misalnya saja, di daerah Kabupaten Bandung sudah mengusulkan beberapa formasi pegawai baru sejumlah 30 orang dalam 5 formasi, yakni tenaga kesehatan, teknis, pertanian, hukum dan juga guru. Namun tidak semua formasi tersebut akan dikabulkan oleh pihak panitia. Dari panitia akan menganalisis terlebih dahulu sebelum benar-benar menentukan berapa jumlah formasi yang dibutuhkan.

Hingga saat ini pun formasi dan jumlah kuota penerimaan CPNS 2018 belum diumumkan secara resmi dari BKN dan Menpan.Oleh karena itu, Anda haruslah rajin memantau perkembangan dari kedua instansi tersebut selaku pihak yang terlibat dalam penerimaan CPNS 2018.